Cara Perhitungan Biaya Jasa Design Interior

Jasa Design InteriorJika sebelumnya Anda mengira hanya perusahaan besar saja yang akan membutuhkan jasa design interior, maka Anda salah. Karena perusahaan kecil yang memiliki jumlah karyawan yang sedikit pun membutuhkannya.

Bahkan, setiap hunian baik kantor maupun rumah pasti ada saja yang akan membutuhkan jasa ini agar membuatnya jadi lebih menarik.

Jika Anda ingin membuat desain interior baik untuk kantor, hunian atau apapun itu, Anda harus menghitung biaya jasanya terlebih dahulu. Untuk dapat menghitung biaya ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami.

Cara Kerja Jasa Design Interior

Jasa design interior umumnya akan bekerja berdasarkan ruangan yang akan diubah sesuai keinginan klien. Desainer interior akan membuat desain dalam ruangan dengan mendetail. Mulai dari penempatan furniture, pencahayaan, hiasan dinding hingga pemilihan warna catnya.

Anda bisa siapkan dulu konsep interior yang diinginkan. Ini tentu akan memudahkan jasa desain interior dalam membantu mendesain bagian dalam ruangan sesuai dengan keinginan Anda. Desain yang akan dibuat pun lebih cepat dan aplikatif.

Baca juga : Jasa Design Arsitek Rumah 

Mula-mula, biasanya gambar desain dibuat dalam bentuk 2 dimensi. Selanjutnya, gambar akan dibuat dengan bentuk 3 dimensi sebelum pelaksanaan. Gambar desain yang sudah 3D dapat menjadi pedoman visualisasi desain.

Setelah dilakukan proses revisi, dapatkanlah hasil desain ruangan yang terbaik. Barulah nanti renovasi ruang atau pelaksanaan dekorasi dilakukan.

Kemampuan desainer membuat desain interior berbentuk 3D yang sulit dan dengan tingkat presisi yang tinggi akan menentukan tingkat biaya yang akan dipatok. Dan hasilnya nanti akan sesuai dengan presisi yang diharapkan.

Cara Menghitung Biaya Jasa Design Interior

Perlu diketahui bahwasanya setiap desainer interior memiliki tarif jasa yang berbeda-beda. Tapi Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) sudah mengeluarkan ketetapan mengenai biaya jasa desain.

Ada dua tipe perhitungan yang sudah ditetapkan HDII. Pertama didasarkan pada perhitungan per meter persegi. Dan kedua, berdasarkan persenan komisi dari total anggaran.Tapi selain itu, ada juga desainer yang hanya menjual desain saja.

Biasanya, selama mengerjakan sebuah proyek, jasa desainer akan menggambar desain yang banyak hanya untuk sebuah ruangan saja. Desainer harus memikirkan bagaimana cara menempatkan furniture agar semuanya jadi selaras dan lebih enak dipandang.

Jadi wajar saja kalau tarif desainer interior sangat mahal. Meski begitu, terdapat acuan standar yang akan menentukan biaya jasa desainer interior.

  1. Biaya berdasarkan per meter persegi

Ada beberapa desainer yang akan mematok biaya jasa berdasarkan luas ruangan yang akan dikerjakan. Secara umum, tarif jasa akan dihitung per meter persegi. Dan untuk kisaran tarifnya dari Rp 200.000 sampai Rp 1.000.000 per meter persegi.

Sementara untuk harganya sendiri akan dipatok sesuai kredibilitas desainer yang digunakan. Desainer yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi pastinya akan menghasilkan desain yang jauh lebih berkualitas.

Karena itu, untuk harga desainer yang berpengalaman biasanya akan lebih mahal.  Semakin berkualitas dan eksklusif sebuah desain yang diinginkan, maka Anda harus siap merogoh kocek yang lebih dalam.

Jika ingin dekorasi semua ruangan yang ada di dalam satu rumah atau hunian dengan ukuran 20×10 meter dan jasa desainernya 500 ribu rupiah per meter persegi, maka biaya yang harus Anda keluarkan adalah Rp.10.000.000.

Jadi tinggal dikalikan saja biayanya dengan luas ruangan yang akan didekorasi. Tapi tidak semua jasa menggunakan cara menghitung seperti ini.

  1. Biaya jasa desainer berdasarkan persentase

Kedua, ada jasa desainer yang akan menetapkan tarif jasa berdasarkan persentase dari total produksi yang sudah disepakati. Biasanya, persentasenya adalah 2 hingga 5 persen dari jumlah keseluruhan produksi.

Tapi ada juga desainer yang akan menetapkan harga lebih tinggi lagi. Jika jasa desainernya terkenal, mereka akan mematok jasa hingga 10% dari total biaya produksi.

Selain segmentasi pasar dan kredibilitas dari jasa desain, persentase tarif juga akan ditentukan berdasarkan ukuran ruang. Pada umumnya, jika ruangan yang akan di desain luas, maka persentase tarifnya malah akan semakin turun.

  1. Biaya jasa berdasarkan gambar desain

Ada juga desainer interior yang memasang tarif hanya pada gambar desain ruang yang akan didekorasi. Harga jasa gambar ini dipatok sesuai tingkat kerumitan dari gambar atau desain yang dibuat.

Jadi, semakin rumit desain yang diminta, maka akan semakin mahal tarif yang dikenakan untuk jasa gambar desain tersebut.

Misalnya saja Anda ingin gambar desain untuk ruang tamu yang minimalis dan hanya diisi beberapa furniture, biayanya pasti akan lebih murah jika dibandingkan dengan desain ruangan yang diisi banyak furniture di dalamnya.

  1. Biaya jasa desain interior berdasarkan desain dan bangun

Selain ketiga di atas, perhitungan biaya atau tarif untuk desainer juga bisa didasarkan jasa desain yang sekaligus dengan pengisian furniture. Beberapa jasa desain ada yang menggunakan cara perhitungan yang seperti ini.

Jadi jasanya akan meliputi banyak hal mulai dari pengecatan pada dinding dan plafon, pencahayaan ruangan hingga pemasangan lantai. Cara perhitungan yang seperti ini disebut desain dan bangun.

Desainer interior tidak hanya membuat desain dan bangun saja, tetapi juga turun langsung dalam pembangunan hingga pengisian furniture sampai proses dekor selesai dilakukan.

Dan pada perhitungan menggunakan cara ini, desainer akan menentukan tarif jasa ditambah dengan biaya furniture serta beberapa kebutuhan dekorasi yang lain.

  1. Biaya jasa desainer lainnya

Selain itu, ada beberapa biaya lain yang akan diperhitungkan pada saat melakukan renovasi atau dekorasi sebuah ruangan yakni harga furniture, harga para tenaga ahli, harga elektronik, harga dekoratif dan masih banyak lagi.

Harga furniture tentunya beragam tergantung pada ukuran dan bahan pembuatnya. Jika Anda meminta dibuatkan furniture khusus yang disesuaikan dengan keinginan, tentu harga yang akan dipatok untuk furniture tersebut akan lebih mahal dibandingkan furniture yang sudah jadi.

Tarif tukang atau tenaga ahli pun bervariasi. Biasanya, tarif tukang dipatok dari harga 400 ribu sampai 700 ribu per meter persegi hingga proses instalasi dilakukan.

Begitu juga dengan harga dekoratif seperti wallpaper, bata expose, karpet lantai, harga elektronik dan lain-lain. Semuanya akan sangat bervariasi dan tergantung pada budget serta keinginan Anda sebagai kliennya nanti.

Sebaiknya serahkan perhitungan biaya pada perusahaan interior yang Anda pilih. Supaya pihak perusahaan jasa akan bertanggung jawab terhadap proyek dekorasi dari tahap awal hingga selesai.

Jadi begitulah cara menghitung biaya jasa desain interior yang bisa Anda pilih untuk jadi acuan nanti. Anda bisa negosiasikan dengan jasa yang dipilih mau menggunakan sistem perhitungan yang mana.

Jika Anda saat ini sedang mencari jasa design interior, sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada PT. Konsakon Desain Arsitektur (Konsakon) yang akan membantu Anda dalam membuat desain sesuai dengan keinginan Anda. Silahkan hubungi langsung di nomor 0896-5331-2998 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.